Tuesday, February 05, 2013

Cara mengatasi hasil cetak foto bergaris epson R230 milik saya

Cara mengatasi cetak foto yang bergaris-garis pada printer epson r230 saya akan saya tulis di sini. Tulisan ini adalah kelanjutan tulisan sebelumnya yaitu tentang penyebab hasil cetak epson r230 bergaris horizontal atau putus-putus. Solusi mengatasi cetak photo yang tampak bergaris yang akan saya tulis ini hanya berlaku pada kasus yang saya alami pada tulisan sebelum ini. Sehingga bahasan yang akan saya paparkan ini hanya berhubungan dengan penyebab dari cetakan foto bergaris seperti tulisan yang saya maksud di atas. 

Sebelum melanjutkan ceritanya, akan saya ulang secara sekilas tentang sumber utama penyebab printer epson r230 milik saya ini yang mengalami ketidaksempurnaan dalam mencetak foto atau gambar dimana hasil cetakan photo tampak bergaris-garis dengan pola teratur secara melintang atau horizontal. Yah ini terjadi akibat penumpukan endapan tinta pada absorber atau busa penyerap tinta yang ada di bagian sebelah kiri dari printer epson stylus photo r230x yang saya pakai. Akibat endapan tinta yang menumpuk pada gabus atau busa absorber tersebut  maka head printer akan kotor sehingga menghalangi tinta untuk mengalir keluar atau turun dan disemprotkan ke atas kertas cetak photo. Tentang hal ini selengkapnya lihat kembali tulisan saya dengan judul Penyebab hasil cetak epson r230 bergaris-garis.

Karena peyebab dari hasil cetak foto yang kurang sempurna di atas telah kita ketahui maka untuk mengatasinya sangatlah mudah. Bagaimana caranya ? Gampang.... bersihkan saja endapan tinta yang menumpuk tersebut sehingga tidak lagi mengotori head dari printer ketika bergerak di atas absorber dari printer tersebut. Inilah selengkapnya tentang Tips dan trik cara mengatasi hasil cetak foto yang bergaris printer epson r230 milik saya :
  1. Copotlah kabel listrik yang ada. Ini bagi saya adalah langkah wajib yang harus saya lakukan. Ini untuk menghindari tersentuhnya aliran listrik tegangan tinggi yang membahayakan keselamatan jiwa kita.
  2. Buka penutup printer r230 bagian atas
  3. Siapkan tissu atau kain lembut sebagai pembersih yang berfungsi untuk mengelap atau membersihkan endapan tinta yang menumpuk pada spon atau gabus alias busa absorber.
  4. Lipatlah kain tissu sehingga menjadi 3 lapis sehingga cukup untuk menyerap tinta dari busa absorber yang akan kita bersihkan.
  5. Letakkan di atas busa absorber printer kita
  6. Tekan ke bawah selama beberapa detik untuk memberi kesempatan bagi kain tissu untuk menyerap endapan cairan tinta yang ada.

  7. Buang tissu yang telah mengandung hasil serapan kotoran dari endapan cairan tinta
  8. Ganti dengan yang baru dan ulangi langkah nomer 6 beberapa kali sehingga endapan tinta menjadi benar-benar bersih.


  9. Pasang kembali kabel listrik dan kabel USB
  10. Lakukan head cleaning
  11. Chek kinerja printer dengan melakukan Nozzle Chek
  12. Bila hasilnya masih putus-putus lakukan lagi langkah nomer sepuluh, lantas lakukan lagi langkah nomer 11 hingga hasilnya sempurna.
  13. Selesai
Langkah di atas pada intinya adalah untuk menghilangkan atau membersihkan endapan tinta pada bagian busa penyerap tinta, sehingga caranya sangat mudah tidak perlu membaca tulisan di atas juga bisa. Kalu membaca mungkin malah terlalu bingung dalam memahami tulisan di atas.

Bila ingin sempurna untuk mengatasi hasil print foto yang bergaris sesuai kasus saya di atas maka lakukan langkah berani seperti yang saya lakukan tiga hari yang lalu, yaitu dengan mencopot busa absorber pada printer. Pengalaman saya setelah saya copot akan sangat mudah sekali saya dalam membersihkan tinta yang ada yaitu tinggal memeras busa tersebut di luar printer sehingga bisa lebih mudah dan cepat.

Cara mengeluarkannya yaitu langsung  ambil  saja dengan memasukkan jari kita atau dengan merogohkan tangan kita ke dalam lokasi busa absorber dan langsung ambil dengan menariknya ke atas dengan jari tangan kita . Bentuknya adalah seperti pada gambar di bawah ini.



Gambar di atas saya letakkan terbalik.. Yang terlihat seperti leher dan kepala burung di atas sebenarnya terletak di bagian depan dan menjulur ke bawah. Saran saya kalau mau mengeluarkan absorber tinta ini harap lakukan dengan hati-hati karena kalau langsung di serobot bisa-bisa busa menjadi terpotong sehingga rusak. Ini saya juga baru tahu setelah saya keluarkan padahal saya kira hanya berbentuk kotak saja ternyata ada juluran bentuk kepala dan leher ayam haha ....

Penting :
  • Cara di atas tidak menjamin bisa menghilangkan hasil cetakan yang nampak ada garis-garisnya. Alasannya adalah karena tulisan di atas hanya salah satu kasus yang saya alami saja. Hasil cetakan yang bergaris sangat banyak penyebabnya yang intinya adalah ketidaksempurnaan aliran tinta printer pada pori-pori head akibat kotoran, adanya gelembung udara, atau saluran selang yang buntu atau mampet.
  • Kalau ragu-ragu dalam mencopot busa maka jangan lakukan (silahkan tanggung sendiri bila terjadi resiko kerusakan) karena dibersihkan dengan tissu saja sudah cukup. Bila anda memakai tinta yang encer mungkin saja tidak terjadi penumpukan endapan pada busa ini sehingga tidak perlu melakukan langkah-langkah memperbaiki cetakan foto yang bergaris di atas.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara mengatasi hasil cetak foto bergaris epson R230 milik saya Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/02/cara-mengatasi-hasil-cetak-foto-bergaris.html

8 comments:

  1. as?... terimakasih banyak Gan,
    sangat bermanfaat sekali.
    sekali coba langsung bagus...
    thank you verry much
    Hehe...

    ReplyDelete
  2. cara bukanya n masang busa lagi gmna mas,sy udah pk tisu ttp aj msh ada gris2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu dibuka ... Cukup dibersihkan pakai tissu saja dbeberapa kali sampai bersih ....
      Garis-garis yang ada penyebabnya bisa banyak, intinya tinta ada yang tidak mengalir di sebagian pori-pori head printer. Tulisan di atas hanya suatu kasus yang saya alami. Yaitu tinta pada busa sampai menumpuk karena tinta saya sangat kental sehingga menyundul head ...

      Delete
  3. gan cara epson stylus R230 klw gk narik kertas gimana ya gan.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya tulis ....
      Coba baca di Artikel terkait di atas .....

      Delete
  4. sudah saya coba gan namun.
    garis memanjangnya gak hilang..tolong selusinya gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan di atas hanya salah satu penyebab ...
      Penyebab lainnya bisa karena ada gelembung udara di selang atau katridge, ad kebocoran, tinta habis, head macet atau buntu ...
      Solusinya cek satu-satu ...

      Delete