Tuesday, March 26, 2013

Cara reset epson r230 dengan ssc

Cara reset epson r230 dengan SSC Service Utility adalah kelanjutan dari tulisan saya yang berjudul Lampu epson r230 berkedip bergantian yang telah saya publish pada minggu lalu. Panduan cara mereset printer epson r230 dengan SSC Service Utility ini saya tulis bagi anda yang ingin mengembalikan setting awal atau reset printer Epson sylus photo R230x sehingga counter value atau angka penghitung mesin printer epson ini menjadi nol kembali. 

Mengapa perlu megembalikan printer ke setting mula-mula atau nol pada penghitungnya? Ya karena ketika printer epson kita pakai terus menerus maka pada saatnya counter value printer r230 dan juga mesin print dari Epson dengan seri yang lain akan mencapai batas maksimal yang telah ditentukan oleh pabrik. Bila telah mencapai angka maksimal maka printer tidak bisa dipakai lagi dan ditandai dengan hidupnya lampu indikator tinta dan kertas blinking atau kedip-kedip bergantian. Agar printer bisa kita operasikan lagi maka yang harus kita lakukan adalah dengan mereset epson r230 dengan SSC.

Dengan demikian maka apa yang dimaksud dengan SSC Service utility  adalah sebuah sotware yang berfungsi atau berguna untuk menyetting ulang angka penghitung atau counter value yang ada pada printer agar kembali ke setting awal yaitu menjadi nol lagi. Agar bisa dipakai untuk resetter, software ini harus kita install dahulu pada komputer atau laptop kita. Cara reset epson r230x langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Install dahulu sofware di atas
  2. Hidupkan printer epson r230
  3. Klik Start > All program > Klik SSC Service Utility > SSC Service Utulity
  4. Akan mucul sebuah window atau kotak dialog SSC maka pilih Configuration lalu pilih model printernya yaitu Epson Stylus Photo R230 lalu tutup kotak dialog dengan klik pada tanda x
  5. Akan muncul Icon SSC di taskbar bawah pada komputer maka lakukan klik kanan.
  6. Setelah klik kanan  pilih > protection counter > Reset Protection counter seperti tampak pada gambar di bawah ini :



  7. Akan muncul Kotak dialog konfirmasi dengan kalimat Have You Replace waste ink pad?


  8. Lalu pilih Yes
  9. Lalu hal yang terpenting harus dilakukan adalah me-restart printer yang kita gunakan yaitu matikan printer, setelah beberapa saat lalu hidupkan kembali.
  10. Selesai
Pengalaman saya ketika memperbaiki lampu epson r230 blinking bergantian ini saya tidak merestart printer sehingga waktu itu error pada lampu indikator yang blink atau kedap kedip bergantian ini tidak segera teratasi. Namun akhirnya setelah printer saya restart masalah indikator lampu yang blinking pada epson r230 segera teratasi. Demikian info singkat tentang cara reset epson r230 menggunakan SSC Service Utility.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara reset epson r230 dengan ssc Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/03/cara-reset-epson-r230-dengan-ssc.html

6 comments:

  1. makasih gua jd bisa perbaiki print nya

    ReplyDelete
  2. agan hebat sscnya ajaib

    ReplyDelete
  3. wah udh gantng pinter lg,mksh gan infonya,printer sya normal lg hehehe

    ReplyDelete