Tuesday, April 09, 2013

Cara membatalkan printer yang sedang berjalan

Bagaimana cara membatalkan printer yang sedang berjalan? Bagaimana sih cara membatalkan perintah print ya? .... Itulah pertanyaan yang muncul seputar dunia cetak mencetak foto yang mungkin ada di benak anda. Ya ... terkadang kita perlu  menyetop atau menghentikan proses printing atau proses mencetak yang sedang berlangsung di mesin cetak kita sehingga proses print menjadi berhenti. Alasannya bisa bermacam-macam antara lain adalah terjadinya kesalahan pada pemilihan file gambar foto atau dokumen yang akan dicetak, kesalahan dalam setting jumlah berapa lembar yang akan dicetak, kesalahan ukuran, kesalahan editing dan masih banyak lagi.

Untuk menghentikan printer yang sedang melakukan printing, sebenarnya sangat mudah kita lakukan. Yang paling cepat adalah dengan dua cara sebagai berikut :

  1. Mematikan printer yang sedang aktif atau on yaitu dengan memencet tombol power. Namun cara ini tidak menyelesaikan masalah karena ketika mesin printer kita hidupkan kembali lagi, maka sisa perintah print yang masih ada dalam antrian dan tersimpan di dalam komputer, akan kembali tercetak sehingga usaha untuk menghentikan printer dalam mencetak file kita tidak terlaksana.
  2. Menekan tombol yang ada lampu indikator kertas pada printer Epson R230, atau Epson seri yang lain. dengan langkah ini maka kertas yang sedang dalam proses printing akan segera keluar dari printer. Namun dengan langkah ini antrian dokumen atau foto yang telah dieksekusi  tidak ikut berhenti.
Untuk itu kita perlu mengetahui panduan tentang  bagimana cara membatalkan perintah print sehingga printer yang sedang berjalan menjadi berhenti total. Inilah langkah-langkahnya yang biasa saya lakukan.
  1. Ambil atau copot atau lepaskan semua kertas yang ada pada pintu masuk printer
  2. Lakukan langkah nomor dua di atas yaitu memencet tombol kertas sehingga kertas yang sedang dalam proses pencetakan keluar dari mesin printer kita.
  3. Menghapus semua antrian perintah print yaitu dengan cara : Klik Start > Control Panel > Printers and Faxes atau semacamnya > pilih nama printer yang kita pakai > klik kanan > Open. Maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini.



  4. Pada contoh di atas ada 4 antrian pekerjaan yang harus di print. maka sorot semua keempat pekerjaan tersebut (pada gambar di bawah ini saya tandai dengan anak panah warna kuning) lalu klik kanan dan pilih cancel



Dengan melakukan langkah di atas sebagai cara membatalkan print, maka semua antrian pekerjaan printer yang tersimpan akan terhapus semua sehingga printer siap untuk melakukan pencetakan yang baru. Tentu saja pengaturan yang berkaitan dengan printing harus disetting dengan benar sehingga hasil cetakan akan sesuai dengan harapan kita. Demikian tulisan tentang cara menghentikan printer yang sedang berjalan.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara membatalkan printer yang sedang berjalan Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/04/cara-membatalkan-printer-yang-sedang.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment