Tuesday, April 30, 2013

Cara print tanpa margin pada epson r230



Cara print tanpa margin atau cara cetak tanpa garis tepi yang diistilahkan dengan borderless adalah bahasan pada artikel ini. Yang akan saya tulis adalah khusus pada printer epson r230. Ya... karena pada printer dengan merek lengkap Epson Stylus Photo R230x ini memang telah didukung atau sudah support untuk mencetak foto tanpa garis tepi atau tanpa border. Hasil cetakan yang keluar dari mesin print ini akan terlihat full atau penuh pada seluruh area kertas bila kita setting borderless yang caranya akan saya tulis di bawah ini.

Menurut pengalaman saya ketika memulai pertama kalinya mencetak foto dengan ukuran A4 menggunakan printer r230x (yaitu ukuran maksimal pada printer ini), hasil print out yang keluar terlihat mempunyai margin atau garis tepi yang berwarna sesuai dengan warna kertas yang saya pakai yaitu putih. Warna putih ini sebenarnya adalah area paling pinggir dari kertas di sekeliling seluruh sisi yang merupakan kertas asli dan tidak tersentuh oleh tinta dari printer ini. Jadi kesimpulan saya memang secara default pengaturan dari pabrik Epson ini adalah memang belum disetting untuk cetak borderless. Oleh karena itu agar print out yang keluar tidak mempunyai garis tepi maka perlu dilakukan setting tersendiri yang akan saya bahas ini.

Bagaimana cara print tanpa margin pada Epson R230 ? Inilah langkah-langkah mudah mengeset print tanpa margin di printer Epson r230 :
  1. Klik Start > Control Panel > Printers and Faxes > Klik kanan Epson R230 > Printing Preferences. Maka akan muncul sebuah kotak dialog dengan header atau judul Epson-R230 Printing Preferences. Lihat gambar di bawah ini :


    Untuk memunculkan kotak dialog atau window seperti gambar di atas sebenarnya sudah beberapa kali saya tulis. Coba lihat di tulisan di bawah ini :
  2. Pada bagian tengah dari kotak dialog di atas yaitu pada bagian Paper Option cari tulisan yang berbunyi borderless tepatnya ada pada sebelah kanan tulisan source.
  3. Kalau sudah ketemu tulisan borderless maka lakukan centang saja atau contreng seperti yang terlihat pada gambar di atas yang saya tunjukkan dengan gambar anak panah warna biru.
  4. Setelah itu akan muncul gambar peringatan dengan header atau judul Sheet (Borderless) seperti di bawah ini yang bertuliskan Print Quality in the top and bottom areas may decline or the area maybe smeared depending on the media. For details about this setting see online help or your manual.


  5. Laku klik pada tulisan Oke atau tekan Enter pada keyboard kita.
  6. Selesai
Dengan mensetting cetak borderless seperti cara-cara di atas ada kemungkinan hasil cetakan foto yang keluar dari printer akan mempunyai kualitas yang agak jelek pada bagian atas dan bawah dari kertas print atau kertas cetak. Ini sesuai dengan tulisan pada gambar kedua di atas. Yaitu pada bagian awal pencetakan dan bagian akhir pencetakan. Demikian info singkat tentang cara cetak tanpa garis tepi di Epson r230.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara print tanpa margin pada epson r230 Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/04/cara-print-tanpa-margin-pada-epson-r230.html

No comments:

Post a Comment