Tuesday, April 16, 2013

Cara setting printer hitam putih pada Epson r230

Cara setting hitam putih pada printer Epson r230 akan saya tulis. Ini biasa saya gunakan untuk mencetak dokumen dalam bentuk tulisan saja tanpa gambar atau foto. Cara mengeset printer hitam putih di mesin cetak saya yaitu Epson stylus photo r230x ini selalu saya lakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil cetakan berupa teks atau tulisan yang benar-benar hitam pekat tanpa ada warna lain selain hitam atau black saja. Kenapa ini saya lakukan? Karena tanpa mengatur atau mensetting printer epson r230 saya menjadi hitam putih hasil print out atau hasil cetak tulisan saya cenderung sedikit berwarna kebiruan atau keunguan, kadang-kadang malah kemerahan. Mungkin anda juga mengalami ini dengan warna kehijauan atau kecoklat-coklatan tergantung tinta yang anda gunakan.


Berikut ini akan saya tulis langkah-langkah atau cara melakukan setting hitam putih atau black white atau grayscale pada mesin cetak merk Epson r230.
  1. Hidupkan printer anda
  2. Klik Start pada pojok kiri bawah dari komputer atau laptop
  3. Klik Control Panel
  4. Pilih Printers and Faxes bagi anda yang menggunakan Operating system Window XP, untuk operating system yang lain menyesuaikan saja
  5. Klik kanan Epson R230
  6. Lalu pilih Printing preferences. Maka akan muncul sebuah kotak dialog yang berjudul Epson r230 Printing Preferences. Lihat gambar di bawah ini:

    Sebenarnya langkah 1 sampai dengan langkah 6 adalah sama persis dengan langkah untuk melakukan setting warna pada printer ini juga. Coba baca lagi tulisan saya dengan judul  = >
     Cara setting warna printer epson R230
  7. Pada tab Main window bagian Quality Option pilih saja Text. (pada gambar di atas saya beri tanda gambar anak panah warna hijau muda). Pilihan ini saya lakukan karena yang akan saya cetak hanya berupa teks tulisan saja tanpa ada gambar dan photo.
  8. Pada tipe kertas atau paper pilih saja plain paper ( lihat tanda panah berwarna merah) bila kertas yang kita pakai berupa kertas HVS.
  9. Cari tombol yang bertulisan Advanced yang terletak pada sisi kanan bawah (saya tambahkan anak panah warna ungu pada gambar di screen shoot di atas)
  10. Akan muncul sebuah kotak dialog sebagai lanjutan kotak dialog sebelumnya seperti gambar di bawah ini:


  11. Langkah ini adalah langkah yang terpenting yaitu pada print option beri tanda centang atau contreng pada tombol atau tulisan Grayscale seperti yang saya beri tanda anak panah warna kuning pada gambar tersebut
  12. Langkah terakhir klik Oke 
  13. Selesai
Dengan melakukan langkah di atas maka dijamin hasil yang keluar dari mesin printer seri R dari epson ini akan benar-benar berwarna hitam tanpa tercampur warna merah, biru, kuning, hijau atau yang lainnya. Demikianlah tulisanku tentang cara setting printer hitam putih di printer epson r230 milik saya. Semoga berguna.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara setting printer hitam putih pada Epson r230 Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/04/cara-setting-printer-hitam-putih-pada.html

No comments:

Post a Comment