Tuesday, February 19, 2013

Epson r230 hasil print kosong

Epson r230 hasil cetaka kosong
Epson r230 hasil print kosong. Yah ini saya alami ketika sedang melakukan cetak photo ternyata hasil cetak foto epson stylus photo r230x milik saya kosong alias blank sehingga warna kertas yang keluar dari mesin printer saya hanya putih saja. Kaget juga rasanya ketika melihat print out yang keluar ternyata tanpa warna sedikitpun. Masih beruntung ketika peristiwa ini terjadi pemilik gambar foto yang saya print tersebut yaitu sebagai konsumen saya tidak sedang menunggu. Sehingga ketika mencari solusi penyebab hasil cetakan foto yang kosong tersebut bisa lebih tenang.

Sebagai seorang yang bergerak di bidang usaha layanan jasa cetak photo digital, mungkin hal ini sering anda alami. Namun bagi saya pribadi meskipun sudah cukup lama bergelut di bidang usaha cetak foto digital, kejadian ini rasa-rasanya baru kali ini terjadi. Karena ini terjadi pada Epson r230x saya yang baru kurang lebih 3 bulan hal ini membuatku sedikit penasaran, kenapa masih baru kok sudah trouble alias error. Padahal harga printer epson r230 baru milik saya ini lumayan mengurangi dana yang ada di dompet. Kalau rusak permanen bisa gawat nih ....

Segera saja saya lakukan hal-hal berikut ini sebagai rutinitas :

Langkah pertama

Langkah awal yang saya lakukan untuk menghadapi problem ini adalah persis seperti halnya ketika mengatasi hasil cetak epson r230 bergaris-garis atau putus-putus. Yaitu langsung saya lakukan head cleaning yaitu upaya membersihkan head printer dengan memompa tinta printer menggunakan software bawaan dari mesin dari Epson ini. Dengan memompa tinta diharapkan tinta akan mengalir ke pori-pori atau lubang kapiler dari head sehingga kotoran dan udara (sebagai penyebab hasil cetak bergaris atau kosong) bisa keluar dari head printer. 

Itulah alasan saya segera melakukan head cleaning printer saya. Caranya telah saya tulis pada tepat seminggu yang lalu dengan judul Cara head cleaning epson r230. Silahkan kalau mau dibaca.

Langkah kedua
Langkah berikutnya untuk memperbaiki hasil cetakan foto yang kosong ini adalah melakukan Nozzzle Check yang berguna untuk mengecek atau memeriksa atau lebih tepatnya meyakinkan apakah semua warna dari tinta printer sudah bisa keluar atau mengalir semua melalui head printer dan turun ke kertas cetak foto. Logikanya bila semua warna tinta printer epson r230 yang berjumlah 6 warna sudah mengalir semua alias tidak mampet dan buntu maka bisa dipastikan hasil cetakan foto tidak akan blank. Cara Nozzle Chek tidak akan saya tulis disini karena terlalu panjang.
Hasilnya apa? ....... Dan ternyata print out nozzle check tetap blank .. warna kertas hasil cetak hanya putih tidak ada noda sama sekali .... Apa ini artinya? Ini berarti tinta printer meliputi semua warna yang berjumlah 6 macam warna tidak mengalir semua di pori-pori head printer. Saya segera melakukan langkah ketiga.
Langkah Ketiga
Pada langkah ini saya melakukan lagi yaitu head cleaning sebagaimana pada langkah pertama. Ini saya lakukan 3 atau 4 bahkan saya berani melakukan sampai 5 kali. Ini berdasarkan alasan karena hasil print out nozzle check yang kosong tanpa ada hasil cetakan sama sekali. Setelah melakukan beberapa kali head cleaning yang segera saya lakukan adalah melakukan Nozzle check lagi.
Dan ternyata hasilnya sungguh mengagetkan. Betapa tidak? Ternyata hasilnya sama saja yaitu tidak ada tinta yang keluar sama sekali. Kesimpulannya tinta printer mampet alias buntu tidak mengalir titik.
Langkah keempat
Pada tahap ini saya segera melihat selang infus yang ada, mengamati ke enam selang semuanya saya chek apakah ada gelembung udara yang banyak atau tidak.. Sebab gelembung udara pada selang infus printer merek apapun bisa menjadi penyebab hasil cetak foto bergaris-garis, putus-putus, warna tidak sempurna, bahkan kalau gelembung udara yang ada sempat menumpuk dan menjadi besar bisa mengakibatkan hasil cetakan printer menjadi kosong.
Fakta membuktikan bahwa tinta warna pada semua selang infus printer epson stylus photo r230x milik saya di atas sangat sempurna tidak bergelembung sama sekali
Langkah kelima
Mengecek atau memeriksa ketersediaan tinta yang ada di botol infus, jangan-jangan tintanya habis. Ini merupakan langkah standar saya juga karena bila tinta di botol infus ini telah berkurang hingga pada level tertentu maka printer epson r230x tidak bisa mencetak sama sekali.
Dan ...Kenyataannya waduh... tinta printer 6 warna masih penuh .... tetapi .... waduh ini fakta yang menjadi penyebab mengapa Epson r230 hasil print kosong ....ternyata tutup botol tinta dari ke-6 warna printer epson r230x saya dalam kondisi belum terbuka alias tertutup semua ... Lihat gambar di bawah ini yang saya beri tanda anak panah warna hijau !

Akibatnya mana bisa tinta mesin print ini bisa mengalir turun ke bagian head printer. Alasannya karena botol yang tertutup tidak akan ada udara yang masuk sehingga bila tinta mengalir turun tekanan udara yang  ada di botol infus akan rendah sehingga mengisap kembali tinta yang akan mengalir ke bawah ..... Oke yang ini tidak usah kita pikirkan dalam-dalam ....
Langkah keenam
Untuk mengatasi hasil cetakan yang kosong pada epson r230 saya ini akhirnya segera saja saya buka semua tutup pada botol printer yang ada. Lihat gambar foto dibawah. Langkah selanjutnya segera saya lakukan head cleaning sebaimana pada langkah pertama di atas dan langsung ke langkah kedua ...... beres ..... Printer epson stylus photo r230x saya kembali sempurna ....

Printer epson r230 hasil print kosong

Inti permasalahan di atas  adalah bahwa penyabab utama print out yang kosong ini adalah  karena akibat saya lupa menutup botol tinta infus pada bagian atas ketika saya selesai melakukan pengisian ulang tinta atau reffil tinta infus.. Yang bisa membuat saya bingung adalah karena efek dari kealpaan ini tidak segera atau serta merta muncul begitu saja. Tetapi baru beberapa hari setelah kelalaian ini terjadi sehingga saya merasa tidak ada kesalahan operasi apapun dalam penggunaan printer ini. Demikian salah satu pengalaman memakai printer epson r230x yang saya alami. Semoga bermanfaat .


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Epson r230 hasil print kosong Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/02/epson-r230-hasil-print-kosong_19.html

6 comments:

  1. punya saya r230 udah di clean, tutup botol ke buka tapi tetap ngeprit kosong, gara2 nya pernah di tuker mainboard dengan yang r230x, gmana ngatasinya. mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motherboard menurut saya yang x dan bukan x sama.
      Kemungkinan ada gelembung udara, selang bocor, head buntu karena kotoran atau tinta yang kering, bisa juga karena tinta di botol hampir habis.
      Cara mengatasinya tergantung penyebabnya. Kalau di selang tidak ada gelembung mungkin di dalam catridge ada gelembungnya. Cara menghilangkannya dengan melepas catridge kemudian tekan klep jalan keluar tinta dengan tespen dan sejenisnya. Jangan lupa botol tinta di angkat setingi-tingginya.

      Delete
  2. makasih.... saranya sangat membantu...
    problemnya sama eh sosulisa jg sama .
    thank...yah

    ReplyDelete