Tuesday, March 19, 2013

Lampu Epson r230 berkedip bergantian

Lampu Epson r230 berkedip bergantian di printer saya terjadi tepat 1 minggu yang lalu tepatnya 4 jam sebelum saya mempublish tentang Cara setting warna printer Epson r230 yang telah saya tulis. Indikator lampu epson r230 yang kedip bergantian adalah lampu tinta dan lampu kertas yang kedua-duanya berwarna merah. Ini adalah masalah baru yang muncul ketika saya memakai atau menggunakan mesin print dari Epson ini. Sempat kaget juga saya dengan problem dan permasalahan printer Epson r230 lampu kedip-kedip ini.

Kejadian ini bermula ketika saya akan mencetak foto dari seorang pelanggan. Begitu gambar photo yang akan saya print telah selesai saya edit dengan Adobe photoshop, seperti biasanya saya segera menghidupkan printer kesayangan Epson Stylus Photo R230x, yaitu dengan menekan tombol power beberapa detik layaknya kita menghidupkan Handphone kita. Begitu selesai mengaktifkan mesin cetak Epson r230, lampu tinta dan kertas berkedip berganti ganti. Wah ini pasti ini terjadi sesuatu.

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk mengatasi error ini antara lain :
  • Segera memeriksa di monitor komputer, saya lupa kotak dialog apa yang terjadi namun seingat saya ada mis komunikasi antara printer dan komputer. Artinya informasi yang sedang terjadi di printer saya tidak bisa terdeteksi di monitor komputer saya. Sehingga langkah apapun yang saya lakukan lewat komputer tidak bisa berlangsung. Antara lain : Memeriksa ketersediaan tinta, head cleaning printer, Nozzle check, ataupun replace cadritge semuanya tidak bisa dengan keterangan bahwa printer tidak terkoneksi dengan komputer.
  • Saya lalu menekan tombol lampu yang berkedip baik indikator lampu tinta ataupun indikator lampu kertas, baik sendiri-sendiri maupun bersamaan. Hasilnya nihil alias tetap seperti sedia kala. Jadi printer r230 lampu tinta dan kertas nyala terus saling bergantian. 
  • Saya kemudian mencoba mematikan printer dengan menekan tombol  power, lalu mencopot kabel USB, lalu saya hidupkan lagi mesin print ini. Barangkali setelah terpisah dengan komputer ada titik temu mengatasi dan memperbaiki lampu epson r230 yang berkedip. Ternyata setelah mesin ini hidup  kedua lampu tetap berkedip bergantian. Berarti memang letak kerusakan ada di printer bukan di desktop alias komputer saya
Karena belum segera berhasil mengatasi lampu epson blinking bergantian tersebut, saya lalu membiarkan dahulu printer error tersebut. Lalu beralih ke Epson T20E saya untuk melanjutkan mencetak foto dari konsumen saya yang masih  tetap menunggu karena dia minta layanan cetak foto kilat. Setelah selesai mencetak photo kepunyaan pelangganku, saya kembali ke permasalahan epson r230 lampu tinta berkedip bergantian antara lampu tinta yang berlogo tetesan tinta dengan lampu kertas yang berlogo atau icon tempat sampah.

Akhir cerita saya teringat mesin lama saya yaitu Epson C89 yang dahulu juga pernah mengalami permasalahan yang sama. Waktu itu penyebabnya adalah kinerja printer telah sampai pada batas maksimal yang diukur dengan istilah counter values. Jadi mesin printer dari epson ini kinerjanya dihitung dengan sebuah counter seperti halnya penghitung jarak tempuh dalam satuan km di spedometer pada sepedamotor. Solusi mengatasi epson C89 yang berkedip kedip waktu itu yaitu dengan mengembalikan counter values menjadi nol atau kosong kembali atau istilahnya disebut resetter.

Saya bertanya dalam hati apakah printer baru saya ini yang belum begitu lama memakainya apa mungkin sudah mencapai batas maksimal. Namun karena segera ingin ketemu kunci memperbaiki error yang terjadi, maka Resetter Epson c89 yang telah terinstall di komputer segera saya buka. Barangkali bisa untuk mereset printer epson r230 saya.

Dan ternyata Resetter epson c89 cocok dengan R230 yang bisa ditandai dengan tersedianya pilihan setting untuk Epson r230. Pertama yang saya lakukan adalah mengecek apakah sudah mencapai batas maksimalkah epson r230x saya. Ternyata hasilnya memang belum. Saya lupa berapa angka maksimal dan angka yang telah tercapai waktu itu tetapi yang jelas angkanya masih dibawah batas maksimal.

Wah bagimana lagi yah pikir saya. Namun mencoba tidaklah salah. Saya segera mereset printer dengan software yang ada yaitu yang namanya SSC Service Utility.. Setelah saya cek hasilnya tetap tidak berhasil. Dua lampu indikator masih menyala merah berganti-ganti. Akhirnya setelah agak menyerah maka printer saya matikan. Beberapa menit kemudian lalu coba lagi saya hidupkan dan .....ternyata  berhasil ....Epson Stylus Photo R230x baru saya tidak blink lagi ...

Kesimpulan sementara saya adalah :
  1. Meskipun belum sampai nilai counter maksimal lampu indikator printer r230 bisa saja blinking bergantian. Ini bisa diatasi dengan mereset atau mengembalikan setting counter kembali ke nol. 
  2. Setelah dilakukan reset, mesin printer harus direstart ulang dengan mematikan tombol power lalu menghidupkan kembali.
Kesimpulan saya di atas mungkin benar untuk kasus saya. Bisa jadi untuk anda yang lain berbeda. Namun ini hanya sebuah pengalaman. Sedangkan secara umum bisa saja berbeda. Selanjutnya silahkan baca tulisan selanjutnya yaitu tentang panduan cara reset epson r230 dengan SSC Service Utility.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Lampu Epson r230 berkedip bergantian Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/03/lampu-epson-r230-berkedip-bergantian.html

5 comments:

  1. lampu berkedip setelah saya bersihkan busanya. itu kenapa ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa waktu lalu pernah juga saya alami bahkan beberapa kali, Penyebabnya adalah selang infus belum kembali rapi ke posisi semula sehingga menghambat gerakan head dan katridge ke kiri dan kanan. Sehingga sensornya mendetek ada kekuranglancaran gerakan head dan catridge, akibatnya lampu menjadi kedip-kedip. Setelah saya rapikan.... masalahnya bisa teratasi ...

      Delete
  2. problem yang sama, saya udah baca maslah mas dari awal .
    cuma bedanya saya kurang beruntung program SSC nya gak ngedetek printer epson R230x Pada saat "protection Counter"-"Reset protection Counter"- hasil menunjukan printer oof, or some other problem.

    kira2 apa yah solusinya ? apakah udah mencapai batas Hidup nya kah ?
    thanks ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mengalami ini dan penyebabnya pada settingan configuration saya salah memilih pada Epson R 320/R330. Setelah saya set ke R220/R230 akhirnya berhasil ...

      Delete