Tuesday, March 05, 2013

Tinta hitam tidak keluar pada epson t20 saya


Tinta hitam tidak keluar pada epson T20E yang saya miliki membuat saya agak repot beberapa hari ini. Ya ... agar tidak membuat error lebih lanjut saya segera mencari penyebab tinta warna hitam tidak keluar di mesin cetak saya ini.  Anda pengguna mesin printer epson baik infus atau bukan infus pasti pernah mengalami ini. Yang akan saya ceritakan ini adalah terjadi pada mesin printer epson T20 saya yang telah diinfus. 

Ya ... setelah saya memiliki printer epson stylus photo r230x yang baru dengan harga epson r230 yang telah saya ceritakan sebelumnya, praktis mesin print epson T20E yang saya miliki tidak pernah atau jarang sekali saya pakai. Maklum karena hasil cetak foto yang keluar jauh lebih bagus, lebih tajam,  dan cemerlang,  pokoknya sangat memuaskan. Dan yang paling saya senang adalah proses cetak gambar photo jauh lebih cepat sekali dibanding printer lama saya.

Untuk merawat printer lama saya yaitu seri t20E ini agar tetap awet dan head printer epson ini tetap bagus tidak buntu atau mampet, maka setiap hari printer ini tetap saya gunakan untuk mencetak gambar foto meskipun hanya sekedar  satu lembar saja.

Namun beberapa hari yang lalu timbul masalah ketika saya pakai untuk mencetak photo dengan berbagai macam warna, ternyata tinta warna hitam tidak keluar. Hal ini memang sangat sering terjadi. Bahkan semua warna tinta epson ini yang meliputi warna merah (red), biru (Cyan), maupun yang tinta warna kuning (yellow), juga biasa mengalami kejaian tidak tercetak, sehingga warna-warna tersebut ketika setelah print hasilnya kosong (blank).

Yang menjadi tidak biasa dan membuat saya repot adalah ketika memperbaiki atau mengatasi tinta hitam tidak keluar ini tidak segera berhasil. Padahal biasanya setelah saya lakukan langkah-langkah standar saya untuk mengatasi tinta warna hitam tidak keluar, maka masalah ini segera selesai dan tinta hitam (black) menjadi normal kembali. Langkah standar yang saya maksud adalah sama dengan langkah wajib ketika printer epson r230 hasil print kosong yang pernah yang pernah saya alami.

Langkah standar yang pasti segera saya lakukan yang saya maksud adalah :
  1. Melakukan head cleaning printer epson beberapa kali 
  2. Melakukan Nozzle Check printer
  3. Memeriksa apakah tinta masih ada atau tidak
  4. Memastikan bahwa tutup botol tinta warna hitam dalam keadaan terbuka. 
  5. Memeriksa apakah ada gelembung udara pada selang tinta hitam.
Biasanya setelah saya lakukan head cleaning melalui software bawaan epson t20 maka ketika dilakukan nozzle chek  permasalahan tidak mengalirnya tinta warna hitam akan selesai. Yang nomor 3 dan 4 juga oke. Namun apa yang trejadi?

Ternyata pada selang warna hitam tidak ada tinta sama sekali sehingga kesimpulan saya pasti ada kebocoran pada selang tinta ini. Setelah botol saya naikkan tinggi-tinggi memang ada kebocoran tinta di sekitar cartridge sampai meluber kemana-mana. Sempat bingung juga karena sangat susah mencari sumbernya. namun setelah berbagai usaha saya lakukan maka ketemulah sumber kebocoran terletak pada selang infus warna hitam.



Penyebab kebocoran ternyata adalah adanya tali kawat pengikat selang pada sisi atau ujung cartridge printer. Lihat gambar di atas yang saya beri tanda anak panah yang berwarna hijau. Ketika proses pencetakan atau printing, selang dan head printer ini bergerak ke kanan dan ke kiri berulang-ulang. maka pada titik ikatan tersebut terjadi proses penekukan yang berulang-ulang juga sehingga pada saatnya selang akan rusak yang akhirnya berujung menjadi bocor. Ketika terjadi kebocoran, maka udara akan masuk kedalam selang sehingga proses pengaliran tinta hitam akan gagal, sehigga tinta tidak akan keluar. Yah.. ini bisa saja terjadi pada warna tinta apa saja baik tinta warna merah, tinta biru maupun warna kuning.
 
Segera saja saya potong lalu saya buang potongan selang infus. Lalu saya pasang kembali selang yang ada ke arah cartridge. Akhirnya beres.... tinta warna hitam bisa keluar dan mengalir kembali. Hasil cetak printer menjadi normal kembali, tidak bergaris-garis dan putus putus. Sekali lagi ini bukan tutorial mengatasi tinta hitam tidak keluar pada epson, namun hanya cerita tentang pengalaman saja.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Tinta hitam tidak keluar pada epson t20 saya Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/03/tinta-hitam-tidak-keluar-epson.html

2 comments:

  1. T20E saya yg warna hitam saja yg buntu, warna lain normal dan lancar.
    Saya coba sedot di bawah cartridge hitam, tinta bisa masuk ke tabung suntik.
    Saya beralih ke tiang nozzle hitam.
    Pas saya sedot bisa. Tapi pas mendorong head cleaner, suntikan sama sekali gak mau bergerak turun.
    Saya coba tiang nozzle warna lain ternyata bisa dan tinta bisa menetes melalui bagian bawah head.
    Apa ada kemungkinan nozzle hitam sama sekali buntu dan ada kerak di dalamnya?
    Sudah saya coba tempel tissue dgn air panas, berharap kalo memang ada kerak di dalamnya bisa encer. Dan saya coba lagi pake suntikan tetep saja gak bisa. Suntikan sama sekali gak mau bergerak turun untuk mendorong head cleaner masuk ke tiang nozzle hitam.
    Apa ada solusi selain mengganti head?
    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba direndam dengan cleaner semalam lewaat suntik dari atas ....

      Delete