Tuesday, April 23, 2013

Cara setting printer untuk cetak foto pada epson r230

Cara setting printer untuk cetak foto berikut ini adalah bagian dari cara cetak foto kualitas tinggi dengan harapan bisa kita peroleh photo agar tidak pecah dengan tampilan yang tetap tajam sehingga tidak terlihat buram. Setting printer yang akan saya tulis ini adalah settingan pada printer epson r230 kepunyaan saya. Ya ... bagi anda yang akan mencetak foto sendiri di rumah untuk keperluan syarat administrasi yang anda butuhkan, bisa jadi hasil cetakan foto tidak sesuai dengan harapan karena belum menemukan pengaturan printer yang pas untuk cetak foto.  Berikut ini adalah tulisan yang semoga bisa berguna untuk mendapatkan hasil cetakan yang bermutu tinggi mendekati kualitas foto studio.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk  pengaturan pada printer ini sehingga bisa diperoleh hasil cetak atau print out dengan kualitas maksimal mendekati  cetakan laboratorium photo besar di kota kita.
  1. Setting warna. Mengenai ini sudah saya tulis silahkan baca saja dengan judul => Cara setting warna printer Epson R230
  2. Setting kualitas. Pada settingan kualitas ini ada beberapa pilihan yang harus kita tentukan atau kita pilih sehingga kualitas hasil cetakan foto pada Epson r230 menjadi optimal sesuai dengan kebutuhan kita. 
  3. Setting kertas yang kita pakai. Settingan ini juga sangat berpengaruh pada print out yang keluar dari printer.
Berikut ini adalah cara setting kualitas dan setting kertas seperti yang saya maksudkan pada nomor 2 dan nomer 3 di atas. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Munculkan printer preferences dari epson r230 anda. Caranya bisa bermacam-macam, salah satunya yaitu melalui Control panel dari Komputer. Pada Control panel komputer pilihlah printers and faxes atau semacamnya lalu setelah muncul tulisan epson r230 maka Klik kanan dan pilih Printing preferences. Maka akan muncul kotak dialog Printing Preferences seperti gambar di bawah ini :


  2. Pada tab Main, lihat Quality Option. Disitu ada beberapa pilihan kualitas yaitu, mulai dari kiri ke kanan yaitu : draft, lalu text, text and graphic, photo, best photo, dan paling kanan User. Untuk mendapatkan kualitas paling maksimal atau kualitas terbaik maka pilih saja best photo. Tetapi resikonya waktu yang dibutuhkan untuk printing menjadi sangat lama. Bila kita memilih settingan ke arah kiri maka kualitasnya semakin rendah. Menurut pengalaman saya, saya cukup memakai pilihan photo (pada gambar di atas saya beri tanda anak panah warna kuning) untuk memperoleh hasil print yang cukup bagus.  Dengan pilihan ini konsumen saya masih menerima terhadap mutu cetak yang ada, mereka tidak melakukan komplain atas mutu cetakan yang saya berikan. Tetapi akhir-akhir ini saya memakai pilihan best photo sehinggga diperoleh kualitas foto yang terbaik meskipun waktu yang dibutuhkan untuk mencetak relatif lebih lama. 
  3. Setting berikutnya adalah settingan kertas yang kita pakai. Sekarang mari kita lihat pada kotak dialog tersebut pada Paper Option kemudian cari tombol Type (saya beri tanda panah warna merah). Untuk menyesuaikan settingan kualitas di atas saya memilih settingan kertas yaitu Epson Premium Glossy (lihat panah warna hijau). Settingan yang lain hasilnya kurang halus yaitu bila memakai plain photo, Envelope, photo paper, Epson matte dan yang lainnya.
Untuk memperoleh hasil foto terbagus yang nampak tajam, tidak pecah. dan tidak buram pada langkah-langkah  di atas tentu saja hanya bisa diperoleh dengan syarat file photo atau gambar yang akan dicetak juga harus mempunyai kualitas yang prima alias bagus, yaitu tajam dan rapat. Sebab sebagus apapun settingan printer untuk cetak foto di printer epson R230 ini atau merek apapun, bila file foto yang akan dicetak kualitas atau mutunya jelek maka hasil cetaknya tidak akan bagus sesuai harapan kita semua.
Demikian semoga maklum


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara setting printer untuk cetak foto pada epson r230 Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/04/cara-setting-printer-untuk-cetak-foto.html

No comments:

Post a Comment