Tuesday, January 15, 2013

Cara menghemat tinta printer epson r230

Cara menghemat tinta printer Epson r230 adalah tulisan pada kali ini. Setelah seminggu yang lalu saya telah memposting dengan judul Penyebab printer epson r230 boros tinta, kini sesuai janji saya tibalah saatnya untuk menulis mengenai tip dan trick cara menghemat tinta printer ini. Dalam hal ini adalah tinta epson r230 agar tidak boros. Tip dan trik yang akan saya sampaikan ini lebih cocok kita terapkan terutama bagi anda yang memakai tinta print dengan kualitas yang mahal seperti yang saya pakai ketika menulis artikel ini. 

Sebelum membahas bagaimana cara menghemat tinta epson agar tidak boros maka saya ingatkan kembali tentang postingan yang sangat terkait sekali dengan masalah ini yaitu mengapa epson r230 sangat boros dalam pemakaian tinta. Penyebab utamanya adalah bahwa mesin print  ini sering melakukan head cleaning ketika dua hal sebagai berikut :
  1. Menghidupkan mesin printer
  2. Membatalkan pencetakan atau mencancel printing
Nah ... setelah mengetahui penyebab utama borosnya mesin printer Epson Stylus Photo R230 di atas maka kita bisa dengan mudah bagaimana cara mengatasi borosnya tinta tersebut. Bagaimana caranya ? Jawabannya adalah hindari saja dua hal penyebab di atas. Wahhhh........bercanda ....... ya nggak bisa dong..........kita harus menghidupkan mesin dan pasti membatalkan atau mencancel printing ketika salah .....
Tenang sobat .....Yang saya maksud adalah : 
  1. Meminimalkan dua point nomor di atas yaitu jangan terlalu sering menghidupkan mesin printer lalu mematikan lagi lalu menghidupkan lagi secara berulang-ulang. Karena sesering anda menghidupkan printer maka sesering itu pula mesin epson ini melakukan head cleaning secara otomatis. Akibatnya tinta yang ada akan terbuang secara percuma. Yang biasa saya lakukan adalah menghidupkan printer sehari dua kali yaitu :
    • Ketika jam buka toko yaitu jam 08.00 WIB 
    • Jam 15.00 Wib yaitu pertengahan jam kerja dari printer epson
    Setelah saya amati tinta yang terbuang pada botol penampungan akibat head cleaning adalah sekitar 1 botol selama 1 bulan. Ini bisa membantu menghemat tinta. Bayangkan bila berkali-kali melakukan head cleaning berulang. maka pasti berlipat-lipat ganda tinta yang percuma tidak terpakai akibat terbuang.
  2. Hindari membatalkan atau meng-cancel proses pencetakan yang telah kita eksekusi atau telah kita jalankan dengan klik Oke. Menurut pengalaman saya ketika mengurungkan pencetakan dengan melakukan delete atau cancel pada daftar pekerjaan printing maka akan berakibat mesin ini akan kembali melakukan head cleaning secara otomatis sehingga tinta terbuang secara percuma di botol penampungan lagi. Maka hal penting yang harus kita perhatikan adalah :
    • Terus saja melakukan printing namun kertas yang kita pakai diganti dengan kertas yang murah sehingga bisa menghemat. Dalam kasus ini saya memakai kertas HVS yang sudah tidak terpakai. Bila memakai kertas foto terbaik untuk mencetak foto .... yah tambah boros lagi ....
    • Dengan langkah di atas maka tinta yang terbuang hanya sebanyak tinta yang terpakai di kertas cetakan. Ini jauh lebih kecil atau lebih sedikit dibandingkan dengan volume tinta yang terbuang akibat head cleaning. Lebih-lebih bila file yang kita cetak hanya berukuran sangat kecil atau file yang akan kita print hanya berupa dokumen atau teks tulisan.
Dua hal diatas adalah kunci utama yang saya lakukan sehingga tinta printer tidak begitu boros. Ini saya lakukan karena selama ini ketika tulisan ini saya buat saya memakai tinta yang harganya 4 kali lipat dari harga tinta printer yang banyak dipakai atau dijual di pasaran umum, sehingga pemakain tinta saya usahakan seminimal mungkin.

Demikianlah info singkat kali ini semoga bermanfaat bagi anda yang berkecimpung dalam dunia cetak mencetak foto dengan menggunakan mesin printer epson. Bila teman-teman mempunyai pengalaman lain mohon di tambahkan pada komentar tentang Cara menghemat tinta printer epson r230.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara menghemat tinta printer epson r230 Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/01/cara-menghemat-tinta-printer-epson-r230.html

2 comments:

  1. tinta jenis apa yang anmin pakai dan kertas photo yang berkualitas itu apa??

    sharing dong.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf .... saya tidak bisa sharing di sini ...

      Delete