Tuesday, January 08, 2013

Penyebab Printer Epson R230 boros tinta


Printer Epson R230 boros tinta ? Ya menurut saya tinta epson r230 memang boros..Setelah sebelumnya berbagi pengalaman memakai printer Espson R230x, kali ini saya saya akan melanjutkan berbagi pengalaman tentang Epson R230 lagi. Salah satu karakter printer ini yang telah saya sampaikan terdahulu adalah bahwa mesin cetak yang satu ini amat sangat boros dalam pemakaian tinta cetak. Sehingga waktu itu saya akan berpikir ulang untuk menghentikan menggunakan printer ini namun karena pertimbangan lain maka saya memutuskan untuk tetap melanjutkan memakai printer Epson Stylus Photo R230x.

Oke, kembali ke permasalahan kenapa dan mengapa tinta mesin print ini sangat boros alias tidak hemat tinta. Sebenarnya istilah ini sangat relatif, artinya adalah ukuran ini bisa dikatakan lebih boros karena ada pembandingnya. Dalam hal ini saya bandingkan dengan 2 printer yang telah saya pakai sebelumnya yaitu Epson C87 yang saya anggap mesin kuno dan satunya lagi Epson Stylus T20E.

Kita tahu bahwa yang seri C87 dan yang seri T20 merupakan printer dengan menggunakan 4 macam warna tinta yaitu Cyan (Biru). Magenta (Merah), Yellow (Kuning), dan Black (Hitam). Sedangkan yang Epson R230 memakai 6 jenis warna tinta yaitu sama dengan 4 warna yang telah saya sebutkan tadi ditambah dengan Light Cyan ( Biru muda) dan Light Magenta ( Merah muda ).

Dugaan awal saya adalah faktor jumlah tinta yang digunakan inilah yang menjadi penyebab utama kenapa tinta Epson R230 sangat boros dalam pemakaian tinta. Pemikiran ini adalah sesuai dengan apa yang ada di kepala saya ketika akan membeli pertama kali sebuah mesin printer. Ketika itu saya memilih untuk membeli Epson R230 dengan alasan bahwa printer Epson seri R adalah yang paling cocok untuk mencetak foto sehingga  sebagai seorang yang bergerak di bidang usaha cetak photo digital,  kualitas hasil cetak photo yang prima lebih saya utamakan. 

Namun ketika itu sales yang ada di toko komputer terbesar di kotaku yaitu Yogyakarta bilang bahwa printer yang saya pilih sangat boros tinta karena alasan utamanya adalah pemakaian tinta yang menggunakan 6 warna. Pada saat itu saya disarankan untuk membeli saja yang memakai 4 warna. Dan sayapun akhirnya memilih yang 4 warna.

Dugaan ini secara logika ada benarnya. Namun apabila saya perhatikan lebih dalam, apa sebenarnya penyebab tinta printer Epson R230 boros dalam pemakaian tinta adalah bahwa ternyata mesin print yang satu ini mempunyai karakter terlalu sering melakukan head cleaning otomatis. Apa itu head cleaning? Ini adalah sebuah fasilitas yang digunakan oleh printer ini untuk memompa tinta keluar memalui head dari printer ini. Fungsi head cleaning yaitu untuk memperlancar kontinyuitas aliran tinta dari tabung tinta sampai ke kertas print sehingga hasil cetak tidak bergaris-garis atau putus-putus dan mempunyai warna yang sempurna. Head cleaning bisa juga kita lakukan dengan cara manual. Maksud saya head cleaning berlangsung apabila kita kehendaki saja. Selengkapnya silahkan baca tulisan saya dengan judul Cara head cleaning printer epson r230.

Yah dengan demikian ketika head cleaning terjadi maka ke 6 tinta yang ada akan keluar dan terbuang percuma masuk ke tabung penampungan akhir. Karena macam tintanya ada 6 jenis warna tinta, maka otomatis volume tinta yang terbuang juga begitu banyak sehingga printer Epson ini sangat boros.

Sesering apa printer Epson stylus photo r230x (nama lengkapnya) melakukan head cleaning secara otomatis? Setelah saya amati ternyata ada dua hal yang terjadi  yang merupakan jawaban atas pertanyaan mengapa printer Epson R230 boros tinta yaitu :
    1. Ketika kita menghidupkan mesin print ini
    2. Ketika kita membatalkan atau mencancel pencetakan
Dua hal di atas adalah penyebab utama dari borosnya tinta printer ini. Bahkan untuk pertama kalinya memakai printer ini selama  setengah bulan saya menghabiskan 1 botol hanya untuk proses head cleaning saja. Karena saya menggunakan tinta print yang mahal maka saya sempat akan menghentikan memakai mesin cetak digital ini. Apalagi harga printer Epson r230 terbilang relatif mahal. Namun setelah kini mengerti tip dan trik atau cara menghemat tinta printer epson ini hingga kini saya tetap melanjutkan memakai printer Esson R230.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Penyebab Printer Epson R230 boros tinta Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/01/penyebab-printer-epson-r230-boros-tinta.html

No comments:

Post a Comment