Tuesday, May 07, 2013

Cara Nozzle Check printer Epson R230

Cara melakukan Nozzle Check printer Epson R230 mungkin ingin anda ketahui. Ya .. karena cara Nozzle Check Epson R230x yang akan saya tulis di bawah ini dapat dijadikan sebagai senjata andalan untuk pemeriksaan sekaligus sarana perawatan atau pemeliharaan mesin printer Epson Stylus Photo R230x yang anda punya. Bagaimana sih cara melakukan Nozzle Check pada mesin print dari Epson series ini?

Sebelum menjawab, maka perlu kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Nozzle Check itu. Menurut saya Nozzle Check adalah suatu utilitas atau sarana yang berguna untuk mengecek /memeriksa nozel print head dari sebuah printer yang bertujuan untuk melihat apakah nozzle dari head printer tersebut tersumbat (atau buntu alias mampet) dan perlu dibersihkan atau tidak. Utilitas ini biasanya telah tersedia melalui driver yang telah disertakan ketika membeli printer ini. Dengan demikian bila hasil cetak yang tampak pada print out ternyata tidak sempurna, misalnya  :
  • hasil cetak bergaris-garis horizontal atau putus-putus, 
  • salah satu warna tidak keluar (bisa tinta warna hitam, merah, merah muda, tinta kuning, warna biru atau biru muda), 
  • belang-belang, 
  • dan lain-lain 
maka bisa dipastikan bahwa ada sebagian tinta printer yang tidak mengalir dengan sempurna. Sekarang apa penyebab dari tinta printer tersebut  tidak mengalir sempurna? Jawabannnya macam-macam. 
  • bisa karena tinta sebagian habis, 
  • head printer kotor atau tersumbat, 
  • cartridge atau selang masuk angin akibat adanya gelembung udara, 
  • saluran mampet atau buntu akibat tutup botol tinta belum dibuka
  • dan lain-lain.
Nah untuk membuktikan apakah benar bahwa tinta printer dalam hal ini epson r230 tidak mengalir sempurna maka kita perlu melakukan apa yang disebut dengan Nozzle Check. Dengan Nozzle check bisa diketahui tinta warna apa yang mengalir sempurna dan mana yang tidak sempurna. Ini ditandai dengan putusnya pola warna dari hasil cetak dari Nozzle Check ini. 

Berikut Cara Nozzle Check printer Epson R230 :
  1. Sebelumnya hidupkan printer terlebih dahulu lalu hubungkan dengan komputer
  2. Masukkan kertas berukuran A4 yang berwarna putih pada printer
  3. Klik Start > Control Panel > Printers and Faxes atau semacamnya > Klik kanan Epson-R230 > Printing Preferences.
  4. Setelah muncul kotak dialog EPSON-R230 Printing Preferences maka klik pada bagian atau tulisan Nozzle Check (N) seperti pada gambar di bawah ini (anak panah warna kuning).



  5. Maka akan muncul lagi kotak dialog atau window berjudul Nozzle Check seperti gambar di bawah ini :



  6. Klik pada tulisan Print (panah berwarna merah) maka akan keluar kotak dialog lagi seperti di bawah ini yaitu adanya dua pola garis-garis warna yang berjumlah 6 warna yang berhubungan dengan warna tinta yang dipakai. Yaitu Black, Cyan, Light Cyan, Magenta. Light magenta, dan Yellow.



  7. Tunggu hingga printer melakukan proses printing selesai.
  8. Selesai
Sekarang lihat hasilnya.
  • Bila ternyata hasil cetak Nozzle Check terdapat garis putus-putus ( panah merah pada gambar di atas) maka untuk mengatasi hasil print Nozzle Check yang putus-putus maka langkah berikutnya adalah klik saja Clean yang pada gambar di atas saya beri anak panah warna ungu. Dengan langkah ini berarti kita sedang melakukan Head Cleaning Printer Epson R230
  • Bila hasil print out Nozzle Chek sudah sempurna seperti terlihat pada gambar yang saya tandai dengan panah warna biru tua, maka klik Finish (Anak panah warna hijau muda)
Demikian semoga maklum.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara Nozzle Check printer Epson R230 Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/05/cara-nozzle-check-printer-epson-r230.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment