Tuesday, April 02, 2013

Epson r230 tidak bisa menarik kertas

Epson r230 tidak bisa menarik kertas sehingga kertas tidak bisa masuk printer baru saya, membuat saya heran. Mengapa ? Karena hal ini berakibat mesin printer tidak bisa mencetak file gambar photo yang telah saya edit menggunaan Adobe photoshop. Keheranan saya adalah karena mesin print saya ini termasuk printer baru namun ternyata sudah muncul terjadinya apa yang disebut banyak orang sebagai  Epson r230 paper jam problem.

Apa yang saya alami ini mungkin saja anda alami juga sebagai pengguna mesin printer Epson stylus photo R230x. Sebenarnya kejadian ini sudah terjadi beberapa saat yang lalu ketika awal memakai printer ini. Namun baru bisa saya tulis saat ini.

Cara mengatasi printer tidak bisa menarik kertas ini ternyata sangat gampang alias mudah. Ini berlaku bagi mesin cetak saya ini yang kondisinya masih baru ... Untuk mesin cetak dari Epson seri R ini yang sudah lama dan sudah sering sekali dipakai untuk cetak-mencetak foto dan juga sudah mengalami kerusakan pada roller penarik kertas, maka cara yang saya utarakan ini sangat mungkin tidak bisa mengatasi  paper jam pada printer epson r230x di atas.

Sesuai dengan judul blog ini maka tulisan ini hanyalah merupakan info singkat saja. Dalam hal ini info singkat tentang mengatasi atau solusi terjadinya problem Epson r230 tidak bisa menarik kertas. Ternyata tips dan triknya adalah dengan beberapa cara yaitu :
  1. Dengan membantu masuknya kertas ke printer yaitu dengan mendorong kertas dengan tangan ketika mencetak foto atau mencetak dokumen berupa tulisan.  Ini membuat saya sangat repot terutama ketika mencetak gambar foto dalam jumlah banyak sehingga pekerjaan menjadi tidak efektif dan efisien. Yang tepat adalah dengan cara seperti pada langkah ke dua yang ada di bawah.


  2. Dengan cara mengganjal bagian belakang kertas print dengan kertas yang cukup tebal. Bisa juga dengan mengisi tempat masuk atau input kertas pada printer dengan beberapa lembar kertas. Intinya jangan mengisi kertas hanya selembar saja.


Dengan melakukan langkah ini pengalaman saya untuk urusan kertas tidak mau masuk printer bisa segera saya atasi. Demikian info singkat ini semoga bermanfaat....


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Epson r230 tidak bisa menarik kertas Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/04/epson-r230-tidak-bisa-menarik-kertas.html

4 comments:

  1. terima kasih atas infonya, kebetulan saya baru saja punya printer epson R230X. infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Cara ini memamng bisa dilakukan,,tapi masih tetap aja repot Gan. Apakah ada cara lain untuk bisa lebih baik? Dengan tidak mengganjal atau mendorong? Dengan kata lain printernya jadi sembuh?
    Mohon share ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roll penarik kertas mungkin terlalu licin .... kadang saya kerik-kerik pakai kuku bisa membantu...
      Ada yang bilang rollnya di lak ban biar kasar ... Dengan catatan harus bisa membongkarnya .... Saya sendiri belum beram=ni membongkar sendiri ...

      Delete