Tuesday, May 14, 2013

Perbedaan Epson R230 dengan R230x

Perbedaan Epson R230 dengan R230x mungkin ingin anda ketahui. Perbedaan printer Epson R230 dan R230x memang biasanya dicari-cari mereka yang akan membeli printer Epson Seri R ini. Ya ... memang bisa dimengerti dan dimaklumi tentang keinginan mereka itu. Karena adanya keterangan tentang produk yang akan dibeli bisa lebih memantapkan hati untuk segera memutuskan apa yang akan dipilih.
Memang menurut pengalaman memakai printer Epson R230X yang saya peroleh mesin cetak ini cukup memuaskan bila dilihat dari hasil print out yang dihasilkan. Hasil cetakannya untuk mencetak foto cukup tajam dan cemerlang. Namun sayangnya printer ini sangat boros dalam pemakaian tinta.

Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa apabila apabila printer ini dimodifikasi pada bagian tinta yaitu dengan melakukan infus, maka sering terjadi beberapa problem yang muncul. Ini bisa merepotkan bagi mereka yang baru pertama kali atau awal-awal memakai printer infusan. Ini juga berlaku untuk merek-merek printer yang lain. Problem paling sering yang muncul adalah terjadinya hasil cetakan yang bergaris, salah satu warna tidak keluar misalnya tinta warna hitam tidak keluar dan, hasil print kosong, lain-lain.

Nah sekarang apa sih  beda Epson R230 dengan R230x? Bedanya adalah yang jelas bahwa 
  1. Epson Stylus Photo R230 keluar lebih dulu, sedangkan yang R230X keluar belakangan. 
  2. Perbedaan kedua adalah yang tanpa X disertakan juga cartridge original atau asli dengan jumlah 6 tinta warna yaitu Black (hitam), Magenta (Merah), Light Magenta (Merah muda), Cyan (Biru), Light Cyan (Biru muda), dan Yellow (kuning). Sedangkan yang seri R230x tanpa disertakan cartridge tersebut. Jadi masih kosongan.
Dengan demikian konsekuensinya ada yang mengartikan bahwa harga printer Epson R230x lebih murah dari harga Epson R230. Namun bila dilihat secara utuh sama saja kan!

Jadi kesimpulan saya bahwa beda Epson R230 dan R230x pada dasarnya hanya terletak pada kelengkapan cartridge tinta saja. Sedangkan spesifikasi printer Epson R230 maupun spesifikasi Epson R230x adalah sama saja. Demikian kalau salah mohon koreksinya ya ...



Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Perbedaan Epson R230 dengan R230x Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/05/perbedaan-epson-r230-dengan-r230x.html

No comments:

Post a Comment