Tuesday, January 29, 2013

Penyebab hasil cetak epson r230 bergaris

Hasil cetak epson r230 bergaris-garis atau putus-putus horizontal adalah hal yang sangat biasa terjadi. Maksud saya hasil cetak foto yang bergaris dan tampak terputus-putus bisa terjadi pada printer kita setidaknya hal inilah yang saya alami baik yang mesin epson stylus photo r230x, epson C89 dan epson stylus T20e milik saya. Dan ini terjadi pada awal pemakaian dalam kondisi masih baru, di pertengahan maupun masa-masa akhir dari penggunaan printer ketika mesin cetak foto ini sudah lama dipakai dan mendekati akhir usia printer itu sendiri.

Lho .... katanya hasil print out atau cetak photo bergaris-garis adalah hal biasa kenapa kok ditulis disini? Ya.... bab ini saya tulis karena penyebabnya adalah saya anggap belum biasa terjadi pada teman-teman pemakai printer Epson R230 ini. Atau kalau sudah sering terjadi nampaknya kejadian yang saya alami ini belum banyak dibahas atau ditulis di dunia maya ini. Oleh karena itu mari kita simak pengalaman saya tentang apa penyebab hasil cetak foto bergaris  pada epson stylus photo r230x milik saya berikut ini.

Seperti biasanya ketika sedang melayani pelanggan untuk mencetak foto di tempat usaha cetak photo digital saya, tiba-tiba ada kejadian hasil cetak foto bergaris-garis horizontal pada printer Epson r230 saya. Karena peristiwa ini sudah bukan hal yang baru maka untuk memperbaiki hasil cetak photo yang bergaris-garis alias putus-putus tersebut, maka saya lakukan head cleaning melalui software yang ada. Dengan melakukan head cleaning satu, dua, atau kali biasanya error pada hasil printing foto yang bergaris-garis tersebut bisa segera pulih dan normal kembali.

Tetapi apa yang terjadi ? Setelah saya lakukan head cleaning beberapa kali, hasil print-out gambar atau image tetap saja bergaris-garis. Beberapa teman menyarankan untuk mengcleaning lagi lalu mendiamkan beberapa puluh menit. Tetapi setelah saya lakukan maka hasilnya sama saja. yaitu hasil printout foto tetap saja masih bergaris.

Langkah berikutnya untuk mengatasi hasil cetak foto yang bergaris yang biasa saya lakukan adalah dengan mengecek atau mengontrol kesempurnaan aliran tinta pada head printer. Ini saya lakukan dengan cara melakukan Nozzle Check melalui jendela Maintenance bawaan dari printer Epson R230. Hasilnya apa? Menurut printout yang dihasilkan masih saja terlihat garis putus-putus. Berarti memang ada aliran tinta printer pada head yang tidak sempurna.

Sempat bingung juga karena printer baru dua bulan saya beli di Yogyakarta, gelembung udara di selang infus juga tidak ada, tutup botol di infus juga sudah dalam kondisi posisi terbuka. Wah bakalan masuk ke tempat tempat service printer di Jogja nih pikir saya....

Namun selidik punya selidik dengan membuka tutup mesin printer Epson stylus photo R230x kesayangan, ketemulah adanya dugaan penyebab hasil cetak epson r230 bergaris-garis atau putus-putus. Yaitu adanya tumpukan atau kumpulan endapan tinta yang ada di spon atau busa absorber printer di sebelah kiri. Lihat gambar di samping kiri tersebut.

Deposit atau ampas alias kerak endapan tinta yang mengumpul pada busa penyerap tinta ternyata sangat padat atau tepatnya kental sehingga menumpuk. Saya menduga jenis tinta yang saya pakai adalah mempunyai karakter seperti itu. Mungkin jenis atau type tinta yang lain tidak mempunyai atau sedikit menimbulkan endapan tetapi langsung terserap busa semuanya. Akibatnya pada kasus yang saya alami ini ketika bagian head dari printer bergerak di atasnya ( di atas endapan tadi ) akan mengotori dari head printer yang harga head printer tersebut sangat mahal apabila perlu diganti. Bahkan hampir menyamai harga epson r230 itu sendiri. Sehingga aliran tinta pada head yang terkena kotoran endapan menjadi tersumbat akibatnya tinta tidak mengalir sempurna, mampet, dan tidak turun ke kertas cetak photo.

Setelah saya bersihkan akhirnya hasil cetak foto menjadi sempurna lagi dan printout gambar tidak bergaris lagi. Wah lega rasanya ketemu solusi tentang bagaimana cara mengatasi mengapa hasil cetak epson r230 bergaris-garis.  Selanjutnya silahkan baca tulisan  saya  yang berbicara tentang cara mengatasi hasil epson r230 yang bergaris.


Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Penyebab hasil cetak epson r230 bergaris Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/01/penyebab-hasil-cetak-epson-r230-bergaris.html

11 comments:

  1. Gan kalo hasil print di R230 suka ada garis horizontal skitar 5 mm dari ujung kertas,gmana ya Gan cara benerinnya..
    ni previewnya.. http://s17.postimg.org/itkdtq6d7/Udntitled_2.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah lihat previewnya ..
      Maaf kalau yang begini saya tidak tahu ...
      Masalahnya apakah garis ini hanya muncul pada cetakan pertama atau semua cetakan. Kalau hanya pada lembar pertama dugaan saya penyebabnya adalah mulai ada "sedikit" endapan tinta di busa seperti tulisan di atas.

      Delete
  2. kasus ane nih gan,,,
    makasieh infonya akan saya coba dulu...

    ReplyDelete
  3. saya juga make r230x gan,,,baru beli dan hasilnya tidak seperti yang dikatakan orang2..pas cetak photo selalu ada garis, terutama bagian wajah...awalnya saya kira pengaruh kertas yang tidak sesuai dengan tinta,,tapi saya coba kertas yang lain hasilnya tetap sama, padahal udah pake best photo dan RPM. kira2 gimana tu gan,,printerku pakai tinta ink-brite langsung dari tokonya,,apa harus ganti tinta ya gan...thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan dulu Nozzle check ...Kalau ada garis terputus lakukan dulu head cleaning beberapa kali. Caranya baca tulisan saya ....

      Delete
  4. Anonymous20 July, 2013

    Makasih gan infonya,,,
    Memang betul gabusnya yg kotor
    Setelah kasih bersih ternyata cling lagi. :)

    ReplyDelete
  5. di bersihkanya bagaimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Busa yang berlepotan tinta seperti di atas dilap memakai tisue atau dilepas lalu di peras di luar ....
      Saya melakukan ini sebagai rutinitas sampai sekarang ...

      Delete
  6. Busa yang berlepotan tinta seperti di atas dilap memakai tisue atau dilepas lalu di peras di luar ....
    Saya melakukan ini sebagai rutinitas sampai sekarang ...

    ReplyDelete