Tuesday, February 12, 2013

Cara head cleaning epson r230

Bagaimana cara head cleaning epson r230 sebagai upaya perawatan printer secara rutin ? Ya .....inilah info singkat tentang cara cleaning printer epson r230x milik saya yang saya lakukan. Tips ini saya tulis karena nampaknya belum banyak dibahas teman-teman blogger. Mungkin karena cara ini terlalu gampang untuk dilakukan. Meskipun terlalu mudah untuk melakukan cleaning printer ini namun untuk melengkapi bagi-bagi pengalaman saya sebagai seorang yang bergerak di bidang usaha cetak foto digital, tema ini tetap akan saya bahas.

Seperti kita ketahui judul di atas dapat bermakna sebagai cara membersihkan head printer Epson r230x memakai software bawaan yang ada.. Ketika pembersihan atau cleaning itu berproses, maka tinta yang ada di cartridge printer atau di botol tinta infus akan dipompa sehingga tersedot dan mengalir melalui pipa-pipa atau lubang kapiler yang ada di head printer. Akibatnya kotoran yang masih dalam skala kecil dan belum menumpuk menjadi besar dan keras, atau gelembung udara yang ada akan ikut mengalir bersama tinta yang terpompa tersebut. Sehingga pada akhirnya aliran tinta tidak mampet alias tetap mengalir kontinyu. Maka hasil cetak foto yang keluar dari mesin print menjadi tidak putus-putus sehingga menghasilkan cetakan dengan warna yang sempurna.

Itulah sebenarnya salah satu prinsip kerja sebuah jawaban dari sebuah pertanyaan apa yang dimaksud dengan head cleaning printer epson itu. Dengan demikian fungsi dari head cleaning adalah mempunyai kegunaan untuk menjaga kontinuitas tinta printer dari botol tinta infus sampai ke head printer Epson. Pada akhirnya guna head cleaning adalah sebagai salah satu upaya untuk mengatasi hasil cetak foto yang bergaris-garis atau putus-putus. Head cleaning secara manual ini sebenarnya merupakan kebiasaan saya untuk perawatan atau pemeliharaan rutin sebagai langkah pencegahan terhadap head printer buntu atau mampet. Kalau head sudah rusak dan macet maka harus beli baru. Sedangkan harganya sangat mahal hampir menyamai harga printer epson R230 itu sendiri.

Cara head cleaning epson R230 adalah sebagai berikut :
  1. Hidupkan printer Epson Stylus Photo R230 atau R230x milik anda
  2. Klik Start > Control Panel > pilih  Printer and Faxes > Epson R230
  3. Klik Select Printing Prefference pada kotak Printer Task yang ada pada sisi kanan dari  window atau bisa juga Klik kanan pada Epson R230 lalu pilih Printing Prefferences
  4. Pilih Tab Maintenance sehinga muncul kotak dialog seperti ini



  5. Lalu pilih Head Cleaning seperti terlihat pada gambar di atas yang saya beri tanda lingkaran warna merah serta anak panak warna merah, maka akan muncul kotak dialog seperti ini


  6. Pilih start seperti pada gambar di atas yang saya tandai gambar anak panah warna merah, maka mesin print ini akan melakukan head cleaning, Silahkan tunggu proses pemompaan tinta printer sampai selesai.
Head cleaning printer Epson Stylus Photo R230x pada khususnya dan Cleaning printer Epson pada umumnya sebenarnya pasti berlangsung secara otomatis meskipun tanpa kita perintah dengan langkah cleaning seperti  saya tuliskan di atas. Yaitu ketika printer kita on-kan atau kita hidupkan/aktifkan.  Jadi semakin sering printer dihidupkan dan dimatikan maka semakin sering pula printer melakukan head cleaning otomatis. Namun ingat bila sering menghidupkan dan mematikan printer epson maka resikonya akan boros dalam pemakaian tinta.  Selengkapnya baca tulisan yang berjudul printer epson sangat boros tinta.



Artikel Terkait

Terima kasih anda telah membaca tulisan saya dengan judul Cara head cleaning epson r230 Yang ingin berkomentar silahkan. Ma'af komentar yang megandung link tidak saya terbitkan. Yang ingin bookmark nih alamat urlnya http://gudanginfosingkat.blogspot.com/2013/02/cara-head-cleaning-epson-r230.html

4 comments: